PROFIL

   PHimpunan Pemberdayaan Masyarakat Lingkar Tambang atau yang biasa disingkat HPMT adalah kumpulan pelaku pemberdayaan masyarakat yang terhimpun dalam suatu wadah organisasi yang dibentuk pada tahun 2010 di Asrama Haji Banjarbaru dan berdomisili di Desa Sungai baru Jorong Tanah Laut.
   Dihimpunnya pelaku pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk mensinergikan langkah pemberdayaan masyarakat di sekitar Kecamatan Jorong dan Kintap sehingga memberi dampak yang cukup signifikan bagi penerima manfaat program. Sebagaimana filosofi lidi yang jika disatukan akan memberi kekuatan besar dan berdampak.
   HPMT beranggotakan perwakilan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat   (LPM) Desa lingkar tambang yaitu Desa Sungai baru, Desa Pandansari, Kintapura, Muara Asam Asam, Asam Asam,  Riam Adungan, Salaman dan Asri Mulya. HPMT dalam penyusunan program pemberdayaannya selalu melibatkan stakeholder diantaranya bermitra dengan PT Arutmin Indonesia Tambang Asam Asam  dan masyarakat sekitar dalam penyusunan program yang tertuang dalam Berita Acara Perioritas Usulan kegiatan (BAPUK) yang dilaksanakan setiap tahun guna menentukan rencana program yang akan dilaksanakan di tahun berikutnya.
Selain perencanaan program yang tersusun rapih, HPMT juga dalam pelaksanaan programnya selalu melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) sehingga program selalu berjalan sebagaimana mestinya. Monev dilakukan pertiga bulan dengan menggandeng Konsultan Pemberdayaan yaitu Corporate Forum for Community Development (CFCD) selain Community Development Officer PT Arutmin Indonesia Tambang Asam Asam.  
   Dan tak kalah penting adalah keberlanjutan program. Setiap program didesain untuk berkelanjutan sehingga pada saatnya nanti perusahaan mitra HPMT sudah tidak beroperasi di desa lingkar tambang,  Masyarakat desa lingkar tambang sudah bisa mendapatkan pendapatan alternative selain pendapatan yang didapat dari operasional pertambangan dan tidak menjadi desa mati sepeninggal perusahaan tambang.